Burung pleci meskipun tubuhnya kecil tapi suaranya akan menjadi sangat lantang jika dirawat dengan baik. Penampilannya akan lebih maksimal jika burung sudah jinak. Nah, berikut adalah tiga cara melatih pleci cepat jinak.

Pleci memiliki dua tipe suara kicauan khas yang dikenal dengan sebutan suara ngalas dan suara ngerol. Kemampuan pleci berkicau tersebut menjadikannya banyak dipelihara sebagai dilombakan atau sekedar burung rumahan.

Di pasaran banyak dijual burung pleci dalam kondisi masih bakalan. Selain masih liar, kebanyakan pleci tersebut belum mau bunyi jika belum beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Oleh karena itu, tiga cara melatih pleci cepat jinak berikut ini dapat membantu mempercepat proses adaptasi sehingga burung pun akan terpancing untuk rajin berbunyi.

Cara melatih pleci cepat jinakĀ 

1. Menggantung sangkarnya di tempat ramai

Biasakan menggantungkan sangkar pleci di tempat yang ramai agar burung terbiasa dengan aktivitas manusia. Dengan begitu, pleci tidak akan takut lagi jika berada dekat manusia, dan mau berkicau dengan rajinnya.

Cara lain adalah meletakkan sangkarnya di lantai pada saat burung dimandikan dan dijemur.

2. Sering dimandikan

Memandikan pleci dengan lebih rutin juga dapat membantu mempercepat proses penjinakkannya. Mandikan pleci dengan cara disemprot atau mandi dengan cara dibasuh oleh tangan. Jika dilakukan dengan lebih sering akan sangat efektif untuk meredam sifat liarnya sehingga burung jadi cepat jinak.

3. Berikan terapi lapar

Terapi lapar adalah terapi yang dilakukan dengan cara menghentikan sementara pemberian pakan dan minumannya. Pada pagi hari setelah dimandikan, burung tidak diberikan makanannya dari cepuk. Selama itu pula, tugas memberi makan dilakukan oleh pemilik burung. Setiap 20 menit sekali, burung diberikan makanan langsung melalui tangan atau dengan bantuan sepotong lidi. Jika rutin dilakukan, burung akan terbiasa mengambil makanannya langsung dari tangan kita.

Demikian tiga cara melatih pleci cepat jinak.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here