Tips mengatasi lovebird galak dan jarang ngekek

0
lovebird galak dan jarang ngekek

Sering terjadi burung lovebird yang semula rajin ngekek berubah perilakunya menjadi galak dan jarang ngekek. Biasanya permasalahan tersebut dipicu oleh banyak faktor mulai dari perawatan hingga kondisi burung itu sendiri. Berikut tips mengatasi lovebird galak dan jarang ngekek.

Ada banyak penyebab lovebird galak dan jarang ngekek yang sebagian besar dipengaruhi oleh kondisi dan pola rawatan yang diterapkan. Secara umum, beberapa penyebab lmengatasi lovebird galak dan jarang ngekek adalah sebagai berikut:

  • Burung sedang mengalami over birahi (OB)
  • Perawatan yang kurang tepat misalnya kurang atau jarang dibeirkan pakan tambahan (EF), Dijemur secara berlebihan, burung yang jarang dimandikan, dsb.
  • Burung sedang stres karena tidak memiliki pasangan.

Terjadinya perubahah perilaku pada burung lovebird tersebut tentu dapat mengganggu penampilannya terutama pada lovebird yang sering dilombakan atau dijadikan masteran.

Untuk mengatasinya, berikut tips mengatasi lovebird galak dan jarang ngekek:

  1. Sering-seringlah lovebird dimandikan, karena hal ini dapat meminimalisir faktor penyebab lovebird galak dan jarang ngekek tersebut.
  2. Selesai dimandikan, jemurlah dengan durasi 30 s/d 60 menit. Penjemuran dapat dilakukan sambil diumbar, setelah itu dipindahkan ke tempat yang teduh untuk diangin-anginkan.
  3. Berikan pakan milet putih, sedangkan untuk pakan tambahan seperti jagung dan kangkung cukup diberikan 2 kali dalam satu minggu.
  4. Pada sore harinya, burung dimandikan lalu diangin-anginkan. Setelah itu sangkarnya diberikan kerodong dan digantung di tempat yang sejuk dan aman dari gangguan.
    Pada malam hari dapat diberikan terapi mandi malam.

Sedangkan untuk kasus burung yang berubah perilaku jadi galak dan jarang bunyi karena terlalu lama tidak diberikan pasangannya, maka obat paling mujarab adalah memberinya pasangan atau untulan. Untuk tahap perkenalan, burung untulan cukup digantungkan dalam jarak berdekatan dengan lovebird tersebut.

Demikianlah tips mengatasi lovebird galak dan jarang bunyi.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here