Salah satu daya tarik yang menjadikan burung trucukan cukup diminati kalangan penggemar burung di Nusantara adalah suara kicauannya yang ngeropel. Tidak semua burung trucukan memiliki kemampuan bersuara ropel tersebut karena dibutuhkan perawatan yang tepat burung trucukan cepat bersuara ropel.

Ada tiga cara yang dapat dilakukan kicaumania burung trucukan cepat bersuara ropel, yaitu:

Berikan EF yang banyak

Pemberian pakan tambahan atau EF dalam jumlah yang banyak ternyata dapat membuat burung trucukan semakin terpancing untuk rajin mengeluarkan suara ropelannya. Salah satu pakan tambahan yang umum diberikan kepada burung trucukan agar rajin ngeropel adalah ulat hongkong.

Ganti voer

Jika burung trucukan terbias diberikan pakan voer kemasan yang banyak dijual di toko-toko burung. Maka untuk menjadikannya rajin ngeropel, berikan voer dari jenis tertentu misalnya voer lele. Jenis voer ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga cukup ampuh menjadikan trucukan cepat bersuara ropel.

Lakukan pemasteran

Selain perawatan dan pemberian pakan yang tepat, menjadikan trucukan agar rajin ngeropel dapat dilakukan dengan metode pemasteran. Suara ropelan trucukan lain dapat menambah variasi suara kicauannya sehingga burung pun akan terpancing untuk ikut berbunyi.

Suara masteran trucukan ropel

 

Demikianlah tips burung trucukan cepat bersuara ropel.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here