Sunda blue robin adalah nama Inggris untuk menyebut burung berkecet biru-tua yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Si burung biru ini terkenal sangat pemalu dan jarang mau berkicau. Alhasil banyak kicaumania merasa penasaran dengan suara ocehannya.

Berkecet biru-tua yang mempunyai nama ilmiah Myiomea diana termasuk jenis burung yang berukuran kecil dengan panjang sekitar 15 cm. Burung jantan bisa dikenali dari penampilan bulu-bulunya yang berwarna biru ungu dengan dahi berwarna putih perak. Sedangkan betina berwarna coklat kemerahan. Tenggorokan dan tungging putih keabu-abuan.

Jangan penggemar burung yang jarang mendengarkan suaranya, di habitat aslinya pun burung ini dikenal sangat pemalu. Mereka biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiam diri di antara tumbuhan bawah yang ada di hutan pegunungan yang tinggi sehingga jarang bisa diamati.

Kalau beruntung, anda bisa mendengarkan suara kicauannya yang terdengar mengalun dan merdu. Di Indonesia, penyebaran spesies burung ini hanya terdapat di Pulau Jawa dan Sumatera saja. Ada dua sub-spesies yang tercatat dengan penyebarannya masing-masing, yaitu:

  • Myiomea diana diana yang ditemukan di Pulau Jawa
  • Myiomea diana sumatrana yang memiliki persebaran di utara dan di Sumatera Barat bagian tengah (Leuser, Kerinci, Brastagi, Dempu).

Berkecet biru-tua yang memiliki penampilan mirip seperti burung decu ini mencari makan dengan cara mengais bebatuan dan daun-daunan yang ada di permukaan tanah untuk mencari cacing maupun kumbang-kumbang yang bersembungi di baliknya. Mereka juga tak jarang memangsa beberapa jenis serangga, rayap, dan laba-laba kecil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here