Di pasar-pasar burung sering ditemukan burung kenari bakalan yang dijual dalam jumlah sangat banyak dalam kandang ombyokan. Bagi pemula, hal tersebut tentu bisa menyulitkan karena salah-salah malah memilih kenari betina yang akan dibeli. Untuk panduan, berikut adalah cara memilih kenari bakalan di ombyokan. Cara memilih kenari bahan di pasar burung.

  • Dalam memilih kenari bahan ini kalau anda ingin kenari yang lebih cepat berbunyi maka sebaiknya pilihlah kenari yang berwarna campuran atau bond karena kenari tersebut lebih cepat berbunyi dibanding kenari berwarna polos seperti kuning atau putih.
  • Pilihlah kenari yang sehat dan lincah apalagi yang terlihat sering bersuara disemua tempat dalam kandang ombyokan tersebut.
  • Pilih kenari yang memiliki paruh yang tebal.
  • Perhatikan apakah kenari tersebut memiliki cacat fisik baik di kaki, sayap, mata , badan dan kuku jarinya.
  • Perhatikan apakah ada kenari yang sangat agresif atau jika ada yang mendekati langsung dipatuk atau langsung berbunyi, maka kenari tersebut berarti memiliki mental yang bagus.
  • Kenari ombyokan biasanya berusia dibawah 5 atau 3 bulanan, jadi ada salah satu tips bagaimana memilih kenari jantan dengan melihat kesejajaran antara garis paruh dengan lingkar matanya. kalau sejajar maka kemungkinan besar burung kenari tersebut adalah burung jantan.
  • Pilihlah kenari yang berleher besar dan agak gembung atau menggelembung sewaktu berbunyi, karena dari situ kita bisa menilai bahw kenari tersebut akan mampu berkicau dengan suara yang panjang.

Cara membedakan kenari jantan dan betina

Perlu diketahui, kenari jantan maupun betina sama-sama bisa berkicau. Namun suara burung jantan tentu akan terdengar lebih panjang dan lebih bervariasi dibandingkan suara betina. Sedangkan kenari betina yang pandai bersuara ngerol itu biasanya kenari yang sudah berumur dewasa, namun suaranya tidak sepanjang jantan dan cenderung putus-putus. Betina muda hanya akan bersuara memanggil-manggil saja.

Memilih kenari bahan di pasar burung

Cara yang cukup efektif dalam membedakan kenari jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk kloakanya. Dari gambar di atas, anda bisa melihat beberapa perbedaan tersebut. Pahami dan cobalah terapkan ketika sedang memilih kenari dalam ombyokan.

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here