Memilih Burung Cucak Hijau bakalan

Penampilan burung cucak hijau bakalan jantan dan betina sama-sama mirip. Bagi yang belum berpengalaman pasti sangat sulit baginya memilih burung yang tepat. Selain dari penampilan bulunya, baik jantan maupun betina sama-sama pandai berkicau. Untuk itu, simak tips memilih burung cucak hijau bakalan berikut ini.

Burung cucak hijau jantan dan betina saat masih bakalan mempunyai penampilan yang sama mirip. Bagi pemula, membedakan cucak hijau jantan dan betina saat masih bakalan bukanlah hal yang mudah tapi ada beberapa trik-trik khusus yang dapat dilakukan dalam pemilihan burung cucak hijau bakalan yaitu:

  1. Memperhatikan bentuk dan warna paruh

Warna paruh burung cucak hijau yang diyakini berjenis kelamin jantan adalah hitam. Warna hitam tersebut meliputi seluruh bagian paruhnya, mulai dari paruh bagian dan paruh bawah. Ciri-ciri ini lah yang selama ini digunakan oleh kicaumania dalam menentukan jenis kelamin burung yang dipilihnya. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut ini:

2. Memperhatikan bentuk bulu di bawah paruh (dagu)

Bulu-bulu yang terdapat pada bagian dagu / pangkal paruh bagian bawahnya memiliki bentuk seperti segitiga atau lancip pada bagian ujungnya (seperti huruf ā€˜Vā€ ), sedangkan bagian bulu pangkal paruh bawah burung betina cenderung membentuk kurva atau seperti huruf ā€˜Uā€. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut ini:

3. Mengamati bentuk lingkaran mata

Lingkar mata atau cincin mata pada burung jantan cenderung tebal dan berwarna kuning terang/cerah, sedangkan lingkar mata pada burung betina cenderung tips dengan warna kuning pudar / tidak cerah.

Semoga manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here