Manfaat daun mengkudu untuk kenari

Tanaman mengkudu adalah jenis tanaman yang sejak dahulu buah dan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai makanan dan obat. Tanaman ini dikenal memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Berikut Manfaat daun mengkudu untuk kenari.

Penggunaan daun mengkudu di dunia kicaumania pun banyak digunakan kenari mania untuk mengobati burung mereka yang bersuara serak sehingga mampu meningkatkan volume kicauannya dengan lebih maksimal.

Secara umum, tanaman mengkudu baik buah dan daunnnya memiliki kandungan gizi yang lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, vitamin dan mineral tersedia dalam jumlah yang cukup pada buah dan daun dari tanaman ini.

Karena hal itu pula tanaman mengkudu ini banyak digunakan oleh kicaumania untuk perawatan burung kenari mereka yang bersuara serak.

Secara umum, bagian dari tanaman yang digunakan adalah bagian daunnya, terutama daun muda atau pucuk daunnya. Pucuk daun mengkudu inilah yang diberikan pada burung kenari dengan cara digantungkan di dalam sangkarnya.

Kenari merupakan burung pemakan daun-daunan yang berwarna hijau, mereka akan segera menyantapnya begitu melihat daun mengkudu tersebut.

Selain untuk mengatasi suara serak, daun mengkudu muda juga diyakini bisa menambah stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, sehingga burung lebih segar dan tidak mudah terserang penyakit.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pemberian daun mengkudu sebaiknya tidak disertai dengan pemberian pakan biji-bijian yang berlebihan. Berikan pakan biji-bijiannya hanya seperlunya saja.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here