Cucak cungkok bukan termasuk jenis burung lokal yang umum ditemukan di dalam negeri. Spesies ini berhabitat di luar Indonesia, karena suaranya yang bervariasi cucak cungkok banyak dijual sebagai burung impor. Simak cara jitu menjinakkan burung cucak cungkok bakalan berikut ini.

Cucak cungkok memiliki nama lain orange-bellied leafbird (Chloropsis hardwickii). Di pasaran harga burung cucak cungko masih sangat tinggi. Selain karena suaranya yang penuh variasi juga karena termasuk burung impor yang didatangkan langsung dari pasar burung luar negeri.

Jenis burung yang punya penampilan sangat cantik ini memiliki habitat di wilayah utara India, wilayah timur dari lereng Pegunungan Himalaya, wilayah selatan China (termasuk Tibet dan Yunani), Myanmar, Thailand, dan Laos.

arena banyak dijual dalam kondisi masih bakalan, sudah barang tentu perawatannya harus disesuaikan dengan kondisinya agar burung cucak cungkok tersebut cepat beradaptasi dan cepat bunyi.

Berikut cara jitu menjinakkan burung cucak cungkok bakalan:

1. Lakukan pengembunan secara rutin

Pengembunan rutin wajib dilakukan, khususnya jika ingin burung cucak cungkok lebih cepat jinak dan tidak giras / gerabagan sewaktu didekati. Pengembunan bisa dilakukan di teras depan rumah, atau digantang pada batang/ dahan pohon yang ada di halaman. Perhatikan juga kondisi cuaca pada waktu akan mengembunkan burung.

Mengembunkan cucak cungkok sebaiknya dilakukan beberapa menit sebelum matahari terbit, agar nantinya burung tersebut bisa langsung mendapatkan perawatan hariannya. Setelah matahari terbit, berikan pakan tambahan yang disukainya langsung dengan tangan atau dengan menggunakan sebatang lidi.

2. Gantungkan sangkarnya setinggi pandang mata

Perlu juga diketahui, bahwa agar burung lebih cepat jinak dan tidak takut lagi dengan manusia, maka gantungkan sangkarnya setinggi pandangan mata, atau pada posisi yang lebih pendek dari sangkar burung piaraan lainnya yang ada di rumah. Hal sepele ini bisa membantunya lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan dan agar lebih terbiasa dengan aktivitas manusia.  Setelah burung cucak cungkok dirasa sudah tidak takut lagi pada manusia / jinak lalat, maka posisi gantangan bisa dikembalikan seperti biasa.

3. Mandikan dengan lebih rutin

Mandi rutin bisa menjadikan burung cucak cungkok lebih cepat jinak, dan tidak ketakutan lagi dengan orang yang merawatnya. Memandikan cucak cungkok sebagai bagian dari tahap penjinakan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menyemprot tubuhnya hingga basah kuyup dengan menggunakan hand sprayer / semprotan mandi.
  • Setelah itu, masukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.
  • Jika hal ini rutin dilakukan, maka burung akan terbiasa dengan perlakuan tersebut, sehingga menjadi lebih cepat jinak.
  • Setelah jinak, Anda bisa melatihnya mandi di dalam karamba mandinya.

4. Dilatih untuk mengambil makanan langsung dari tangan

Biasakan ketika akan memberikan pakan tambahan / extra fooding seperti jangkrik dan ulat hongkong dilakukan langsung dengan tangan kita. Jika ketika disodorkan pakannya itu burung terlalu grabagan (grabag-grubug), maka untuk menghindari bulu rusak atau burung cidera, pemberian pakan bisa dilakukan dengan bantuan lidi. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur, agar cucak cungkok makin terlatih dan terbiasa mengambil makanan langsung dari tangan kita.

5. Letakkan di ruangan keluarga

Burung cucak cungkok yang masih bakalan umumnya menolak untuk dikerodong. Hal ini bisa terlihat dari perilakunya yang kerap gerabagan saat sangkarnya akan dipasangi kerodong. Untuk mempercepat proses penjinakannya, maka setiap malam Anda bisa menggantung sangkar di ruangan yang banyak diisi oleh aktivitas keluarga, misalnya di ruangan keluarga atau ruangan televisi.

Agar burung makin terbiasa, maka letakkan sangkarnya di atas sebuah meja / kursi, atau bisa juga meletakkannya di lantai dengan mempertimbangkan keamanannya. Lakukan secara teratur sampai burung benar-benar telah jinak dan tidak ketakutan lagi.

6. Pemasteran

Tahap pemasteran penting dilakukan agar cucak cungkok mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Pemasteran bisa dilakukan tanpa perlu menunggu burung jinak terlebih dahulu, karena meski masih liar/ giras, namun mereka masih tetap memiliki kemampuan meniru suara kicauan burung lainnya.

Demikian beberapa cara jitu menjinakkan burung cucak cungkok bakalan.

Semoga manfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here